-->

Tuesday, July 8, 2014

Teknik Anotasi Video YouTube [ YPI ]


Teknik Anotasi Video YouTube [ YPI ] - Oke, sebelumnya saya mau berterimakasih kepada pihak yang telah membuat tips ini yaitu Group YouTube Partner Indonesia yang ditulis oleh Petrus Subekti! Maaf sebelumnya saya share ulang yaa ! Oke, langsung saja simak berikut ini!


Apa itu Anotasi Video YouTube
Anotasi adalah memberikan tulisan atau highlight, dengan tujuan membuat viewer tertarik.
 

Letaknya di mana Anotasi Video YouTube
Masuk Edit Video -> Tab Anotasi/annotation
 

Apa aja Anotasi Video YouTube tersebut ?
Speech Bubble, balon teks kayak di komik.
Note, tulisan
Title, teks judul
Spotlight, kotak highlight
Label, tulisan aja.

 


Kelebihannya Anotasi Video YouTube
Semua anotasi bisa dikasih link yang bisa diklik untuk menuju video, playlist, subscribe, g+, channel, dan fundraising project (untuk non-profit). Ada caranya biar bisa makai link ke luar youtube(bebas), coba googling caranya ya "Youtube annotate external link". Ane ga pernah makai buat external link dan fundraising project, jadi ga bisa jelasin.


Teknik Anotasi Video YouTube
  1. Untuk video yang bisa dimonetize, tempatkan anotasi yang bisa diklik lebih dari detik 16-25. Karena iklan pertama muncul di detik 16, jadi kasih waktu dulu ke viewer untuk melihat iklan (semoga ngeklik hehe)
  2. Bisa juga dikasih waktu deket2 akhir biar setelah selese nonton, tertarik buat ke vid lain kita.
  3. Untuk video yang tidak bisa dimonetize (kena third party, butuh info lebih lanjut, atau hilang $ nya), tempatkan anotasi yang bida diklik mulai dari detik pertama, karena tujuan kita adalah cepat2 membuat viewer ke video yang bisa dimonetes.
  4. Kalau pernah ngeliat di video, ada kotak kecil yang berisi video, terus bisa diklik, itu sebenernya makai spotlight. Jadi edit dulu video pake software editor video di komputer kita, di akhir video kita, tambahkan beberapa detik buat ngasih beberapa kotak kecil yang berisi video. Terus upload ke Youtube. Nah di tempat kotak2 kecil tadi, kasih anotasi spotlight menuju video lain.
  5. Ane cenderung pake speech bubble, karena orang udah biasa ngeliat. Ada trik nih, jadi biasanya tombol untuk close anotasi ada di bagian kanan anotasi tersebut. Nah, tempatin spotlight buat nutupin tombol itu. Masih bisa di close sih, tapi viewer bisa aja salah terus ngeklik ke video lain. Ini biasanya ane gunain buat video yang ga bisa monetes, jadi buat mancing views ke vid lain.
  6. Kasih anotasinya yang sesuai dengan video, agar viewer tertarik untuk nonton video lain.
  7. Tempatkan diri anda jadi viewer waktu ngasih anotasi. Gimana Anda kalau ngeliat video penuh anotasi yang acak2an? Gimana rasanya kalau anotasinya bikin kenikmatan video hilang? Ingat bahwa anotasi 
  8. Anotasi bisa aja tanpa link, untuk mempercantik video kita. Misal speech buble buat ngebikin karakter dalam video kita seakan ngomong.
  9. Kalau anda tipe Upload banyak, biar ga repot, kasih anotasi di video2 yang yang viewsnya banyak aja. Atau suruh orang.
  10. Tambahan dari https://www.facebook.com/notes/youtube-partner-indonesia/-diary-cara-saya-bermain-youtube-part-2/557875664287406- Anotasi saya tempatkan diatas / pojok video ( ex. Next Watch Please Click Here bla bla bla )- Tak lupa saya memberikan link di anotasi tersebut ke daftar putar- Saya juga membuat anotasi untuk subscribe  
  11. Yang mau nambahin?? Silahkan tambahin langsung dikotak komentar dibawah.


Credit : YouTube Partner Indonesia

Posted by WE ARE PUBLISHER
WE ARE PUBLISHER Updated at: 12:58 AM